Skip to main content

Resep Roti Sobek yang penting enak


resep roti sobek

Roti ini salah satu terfarvorit di rumah kami, apalagi dibentuk karakter-karakter lucu, wah makin semangat makannya. Kadang sayang juga, karena bentuknya terlalu lucu untuk dimakan.

Tapi, resep roti sobek yang kami bagikan ini dasar banget, nggak pake karakter - karakteran ya, yang penting enak. Memang enak koq, lembut, manis, apalagi kalau diisi dan dihias. Ok, mari kita buat roti sobeknya (basic).

bahan: 

2 cangkir tepung serbaguna (tepung protein sedang) atau lebih jika diperlukan

1 amplop ragi instan

2 sendok makan gula

1 / 2 sendok teh garam

1 / 2 cangkir susu

1 / 4 cangkir air2 sendok makan mentega atau margarin.

Metode:


 1. Campurkan 3/4 gelas tepung, ragi yang, gula dan garam dalam mangkuk besar.

 2. Panaskan susu, air dan mentega hingga  hangat (120 derajat hingga 130 derajat F). 

 3.Tambahkan ke campuran tepung. Kocok 2 menit dengan kecepatan sedang mixer listrik, sesekali gosok                 mangkuk(manual aduk biasa juga boleh, cuma agak capek). 

4. Tambahkan 1/4 cangkir tepung; kocok 2 menit dengan kecepatan tinggi. 

5. Masukkan sisa tepung yang cukup untuk membuat adonan lembut. 

6. Uleni pada permukaan yang sudah ditaburi tepung, antara 8 sampai10 menit. 

7. Penutup; biarkan istirahat 10 menit. Bagi adonan menjadi 12 bagian yang sama
    (kalau mau bentuknya sama, timbang dulu, kemudian sekian gram dibagi 12=.. );

8. bentuk menjadi bola. Tempatkan di loyang 8 inci yang sudah diminyaki. 

9. Penutup; biarkan mengembang di tempat yang hangat,  hingga berlipat ganda, sekitar 30 menit.          Panggang dalam oven panas 375 derajat F selama 20 menit atau sampai matang (pantau). 

10. Angkat dari loyang; olesi permukaan atas dengan mentega cair tambahan. Sajikan hangat.

Rasanya enak dan cukup mengenyangkan ya..

Have a nice day men-temen .......

Comments

Popular posts from this blog

Cheesecake , sebelum anda membuatnya .... (part2)

Setelah membaca part 1 , saatnya kita lanjutkan dengan persiapan lain, anda juga boleh membahkan komentar, di kolom bawah. Cheesecake texturnya lembut, kalo keras mungkin rockcake, jadi perhatiakan aspek-aspek penunjang di bawah ini : - Loyang Gunakan loyang bongkar pasang, jadi tidak kesusahan atau bahkan merusak bentuk cheesecake itu sendiri. Bisa juga memakai semacam cetakan (memang agak kecil), yang di bawahnya diberi alas alumunium foil 2-3 lapis. - Oven Cheesecake membutuhkan suhu panas yang akurat, patuhi resep , gunakan thermometer. - Au ban Marie Ketinggian loyang cheesecake hendaknya lebih tinggi dari loyang yang berisi air, letakkan di posisi bawah oven, supaya permukaan atas tidak terlalu kering, cek juga di sini . - Handling/ Penanganan Setelah selesai waktu memanggang cheesecake, jangan buru-buru diangkat, biarkan suhu turun pelan-pelan, buka dikit ovennya. Setelah mencapai suhu ruangan, masukkan cheesecake beserta loyangnya ke dalam kulkas. Setelah  che

Teknik Dasar Pengolahan Makanan

Kita bahas sesuatu yang mendasar dan teknis, mungkin sudah melakukan semua ini, tapi untuk yang ingin menyelam di dunia cooking, ini adalah dasar banget.  Pada dasarnya metode pengolahan pada umumnya dapat diklasifikasikan menjadi dua yaitu : ·            Teknik Pengolahan Metode Panas Basah Yaitu penghantaran panas pada makanan melalui bahan cair seperti: stock, sauce ataupun uap. Beberapa jenis teknik pengolahan panas basah antara lain sebagai berikut: 1) Boiling Boiling adalah memasak makanan dalam air mendidih dengan cepat dan bergolak. Air mendidih pada temperatur 212 º F  atau 100 º C. Cairan yang digunakan untuk proses boiling adalah kaldu, santan atau susu yang direbus. Bahan makanan yang diolah dengan teknik ini adalah sayuran, umbi-umbian dan daging /ungas. 2) Steaming Steam adalah memasak secara langsung dengan uap air panas. Penguapan dilakukan dengan suhu 212 º F sama dengan air mendidih. Teknik ini bisa dikenal dengan mengukus. Bahan makana

Beda Mentega (butter) dan Margarin (beda banget)

Pertama dari segi bahan, mentega terbuat dari susu atau krim, dan umumnya datang asin atau tawar (salted & unsalted ). Margarin terbuat dari minyak nabati, garam, dan pengemulsi ( ga pake susu-susuan. Ketika awalnya dibuat sebagai mentega alternatif yang terjangkau pada abad ke-19, dibuat dengan lemak hewani, tetapi sebagian besar merek telah menghilangkan bahan ini. Margarin dibuat melalui proses hidrogenasi. Margarin mendapatkan namanya dari salah satu bahan utama aslinya, asam lemak yang disebut "asam margaric" yang berasal dari kata Yunani margaron, yang berarti "mutiara." Mentega (butter) berasal dari kata Yunani boutoron yang berarti "keju sapi." Butter memang lebih mahal, karena terbuat dari susu, susu beneran bukan abal-abal. Margarin lebih banyak dijumpai, di toko deket rumah pun ada, butter tersedia di toko bahan kue atau supermarket terkenal di kota anda. Sekian, semoga nermanfaat.