Skip to main content

brewing kopi, bukan sekedar mencampur kopi dengan air (Tubruk)

kopi arabica gayo luwak

Kopi, minuman ini sudah lama menjadi tradisi di seluruh dunia, termasuk negeri kita tercinta ini, Indonesia, yang juga kaya akan biji-biji kopi berkualitas tinggi, baik dari Sulawesi, Sumatra, jawa, dan mungkin dari sabang sampai merauke kaya akan ragam varietas kopi.

Untuk menikmati secangkir kopi, anda tinggal pergi ke café-café tervarorit , seperti gambar kami di atas, itu adalah gambar kopi di café di kota medan Sumatra utara, tepatnya Machehat café. Kalau anda baru di dunia perkopian atau penikmat kopi dari dulu, tapi hanya sebatas "rumahan" maka anda akan bingung, hanya untuk mengorder pesanan kopi saja, sudah membingungkan, istilahnya makin banyak.

Namun. menurut kami , tidak perlu seheboh itu,kita hanya butuh kopi enak dan suasana cozzy, berikut beberapa proses pembuatan kopi, akan diupdate nantinya:

1. Tubruk

Anda tidak perlu alat yang aneh-aneh, juka punya biji kopi enak, anda tidak perlu metode lain, ini saja sudah enak. Cara ini sudah kita lakukan sejak lama, baik di rumah maupun di warung-warung kopi. Tidak perlu dijelaskan, tapi…. ada satu hal yang harus anda ingat, proses ini bukan mencampur kopi dengan air, tapi MENG-EKSTRAK KOPI , sedikit trik cepat, masak air sampai mendidih, tunggu 30 detik - 1 menit, atau sampai 90 derajat celcius; tuang air kedalam gelas/ cangkir yang sudah berisi 2- 2 1/2 sdm kopi, pelan-pelan nuangnya, sehingga seluruh air bisa membasahi seluruh kopi, aduk sedikit (banget) , tapi jangan diaduk berkali -kali  , tunggu 1-2 menit, baru diaduk dan tambahkan gula.

Dalam proses yang terlihat sederhana ini perlu kepresisian tinggi, dan paling Utama , biji kopi yang digunakan harus enak, contohnya toraja, aceh, gayo aceh, mandheling, etc. Kadar kopi juga , timing, dan juga seberapa cepat anda mengaduk(Teknik).


Yang Kudu dihindari :

- Menggunakan gelas/ cangkir plastik.

- Menggunakan kopi yang tidak murni, campuran bahan tambah, seperti jagung, beras, tapioca, dll       bahkan kadar kopinya sedikit, rasa yang timbul karena perisa. Ingat kasus Krimer yang katannya         susu, padahal cuma gula kental manis ditambah perasa susu.

2. French Press
Tanpa perlu menjadi coffee geek, membuat kopi dengan alat ini sungguh mudah, on point, tapi rasanya diekspos dengan maksimal, paling tidak di seluruh varietas kopi yang sudah kami coba. 


 

Sampai sini dulu,

Have a nice day...….

Comments

Popular posts from this blog

Cheesecake , sebelum anda membuatnya .... (part2)

Setelah membaca part 1 , saatnya kita lanjutkan dengan persiapan lain, anda juga boleh membahkan komentar, di kolom bawah. Cheesecake texturnya lembut, kalo keras mungkin rockcake, jadi perhatiakan aspek-aspek penunjang di bawah ini : - Loyang Gunakan loyang bongkar pasang, jadi tidak kesusahan atau bahkan merusak bentuk cheesecake itu sendiri. Bisa juga memakai semacam cetakan (memang agak kecil), yang di bawahnya diberi alas alumunium foil 2-3 lapis. - Oven Cheesecake membutuhkan suhu panas yang akurat, patuhi resep , gunakan thermometer. - Au ban Marie Ketinggian loyang cheesecake hendaknya lebih tinggi dari loyang yang berisi air, letakkan di posisi bawah oven, supaya permukaan atas tidak terlalu kering, cek juga di sini . - Handling/ Penanganan Setelah selesai waktu memanggang cheesecake, jangan buru-buru diangkat, biarkan suhu turun pelan-pelan, buka dikit ovennya. Setelah mencapai suhu ruangan, masukkan cheesecake beserta loyangnya ke dalam kulkas. Setelah  che

Beda Mentega (butter) dan Margarin (beda banget)

Pertama dari segi bahan, mentega terbuat dari susu atau krim, dan umumnya datang asin atau tawar (salted & unsalted ). Margarin terbuat dari minyak nabati, garam, dan pengemulsi ( ga pake susu-susuan. Ketika awalnya dibuat sebagai mentega alternatif yang terjangkau pada abad ke-19, dibuat dengan lemak hewani, tetapi sebagian besar merek telah menghilangkan bahan ini. Margarin dibuat melalui proses hidrogenasi. Margarin mendapatkan namanya dari salah satu bahan utama aslinya, asam lemak yang disebut "asam margaric" yang berasal dari kata Yunani margaron, yang berarti "mutiara." Mentega (butter) berasal dari kata Yunani boutoron yang berarti "keju sapi." Butter memang lebih mahal, karena terbuat dari susu, susu beneran bukan abal-abal. Margarin lebih banyak dijumpai, di toko deket rumah pun ada, butter tersedia di toko bahan kue atau supermarket terkenal di kota anda. Sekian, semoga nermanfaat.

Cara bikin Roti John

kemaren cuma modal ini Roti ini katanya lagi viral, jadi kami bagikan resepnya, supaya ga penasaran. Roti John pertama kali muncul ketika orang Inggris meminta hamburger ke jajanan di Sembawang, Singapura, dan jadilah kreasi roti john ini, sejarah lengkapnya cari google aja ya Bikinnya ga susah koq, asal ada roti jenis baguette, gampang, mirip hotdog gitu. Ok langsung saja: Bahan ½ roti baguette (beli atau bikin sendiri ) 100 gr daging sapi giling 1 bawang bombai, potong dadu halus 3 butir telur 1 sendok makan sambal ½ sendok teh bubuk kari (opsional) Garam Merica Metode: Campur semua bahan dalam mangkuk. Panaskan wajan atau wajan dengan sedikit minyak sayur. Tuangkan campuran ke dalam panci dan letakkan sepotong baguette berwajah terbuka di atasnya. Tekan pada roti dengan spatula dan grill selama 2 menit. Balikkan roti untuk membuatnya sedikit renyah. Angkat dari panci dan potong roti menjadi porsi kecil. Tambahkan mayones dan / atau sa